Informasi PPDB Tahun Pelajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 1 Gubug Tahun Pelajaran 2022/2023


LINK DOWNLOAD

Flyer Poster PPDB 2022 SMAN 1 Gubug

Juknis PPDB SMAN dan SMKN 2022-2023

Format Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen (Pakta Integritas) untuk Orang Tua/Wali (download)

Bermaterai Rp10.000,-

LINK PENDAFTARAN

Link pendaftaran/aplikasi PPDB Online Tahun 2022 adalah >> https://ppdb.jatengprov.go.id


DAYA TAMPUNG

Daya Tampung rombel (rombongan belajar) = 11 Kelas, 396 Siswa. Tidak ada pilihan peminatan/penjurusan pada saat pelaksanaan seleksi.


JADWAL PELAKSANAAN

1. Pengajuan AkunTanggal 15 s.d 28 Juni 2022
Dibuka: Tanggal 15 Juni pkl 00.00 WIB
Ditutup: Tanggal 28 Juni pkl 16.00 WIB
2. Verfikasi BerkasTanggal 15 s.d 28 Juni 2022
Verifikasi berkas dilaksanakan pukul 08.00 s.d 14.00 WIB datang ke SMAN 1 Gubug
3. Aktivasi AkunTanggal 15 s.d 28 Juni 2022
Aktivasi Akun dilakukan setelah berkas terverifikasi. (Bisa dari rumah)
4. Pendaftaran, dan perubahan pilihanTanggal 29 Juni s.d 01 Juli 2022
Dibuka: Tanggal 29 Juni pkl 07.00 s.d 23.55 WIB (setiap hari dalam masa pendaftaran)
Ditutup: Tanggal 01 Juli pkl 16.00 WIB
5. Pengumuman HasilTanggal, 04 Juli 2022 selambatnya pukul 23.55 WIB
6. Daftar UlangTanggal 05 s.d 07 Juli 2022
Awal Tahun Ajaran Baru 2022/2023Tanggal 11 Juli 2022

JALUR PENDAFTARAN

PPDB dilaksanakan melalui jalur sebagai berikut:

Jalur Zonasi (55%)
  1. Zonasi adalah pembagian wilayah Calon Peserta Didik berdasarkan jarak (radius) domisili sesuai alamat pada kartu keluarga dengan SMAN 1 Gubug;
  2. Calon Peserta Didik yang wajib diterima melalui jalur zonasi paling sedikit 55% (lima puluh lima persen) dari daya tampung, yang dilakukan seleksi berdasarkan jarak terdekat domisili Calon Peserta Didik yang bersangkutan dengan SMAN 1 Gubug;
  3. Calon Peserta Didik dari Pondok Pesantren, zonasi sekolah mengikuti tempat kedudukan Pondok Pesantren.
  4. Kecamatan dalam zonasi SMAN 1 Gubug
    • Kecamatan Gubug (Kab. Grobogan)
    • Kecamatan Tanggungharjo (Kab. Grobogan)
    • Kecamatan Kedungjati (Kab. Grobogan)
    • Kecamatan Tegowanu (Kab. Grobogan)
    • Kecamatan Kebonagung (Kab. Demak)
Jalur Afirmasi (20%)
  1. Jalur afirmasi diperuntukkan bagi Calon Peserta Didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu,  anak yatim dan/atau piatu, anak panti, dan putera/puteri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya;
  2. Calon Peserta Didik yang wajib diterima melalui Jalur Afirmasi paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari daya tampung sekolah;
  3. Ketentuan tersebut pada nomor 2 dapat tidak terpenuhi, apabila jumlah Calon Peserta Didik yang mendaftar melalui jalur ini kurang dari 20% (dua puluh persen) dari daya tampung;
  4. Calon Peserta Didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dibuktikan dengan keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah atau Pemerintah Daerah yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP/PIP) dan/atau terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS);
  5. Calon peserta didik yatim dan/atau piatu sebagaimana tersebut angka 1 berdasarkan data yang dikelola/ditetapkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Tengah. Dan/atau surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas/SKPD yang menangani urusan perlindungan anak di kabupaten/kota di Jawa Tengah;
  6. Calon peserta didik anak panti sebagaimana tersebut angka 1 berdasarkan data yang dikelola/ditetapkan oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah;
  7. Calon Peserta Didik Baru putera/puteri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya adalah putera/puteri dari orang tua CPD yang melakukan pengamatan, penelusuran, dan kontak langsung dengan pasien/orang kasus Covid-19 berdasarkan data yang dikelola/ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah;
  8. Peserta didik yang mendaftar melalui jalur afirmasi merupakan peserta didik yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah zonasi SMAN 1 Gubug.
Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali (5%)
  1. Jalur PPDB perpindahan tuags orang tua/wali yakni jalur yang disediakan bagi CPD yang mengikuti perpindahan tugas orang tua/wali yang dibuktikan dengan surat penugasan orang tua/wali;
  2. Perpindahan tugas sebagaimana yang dimaksud dalam angka 1 adalah perpindahan tugas sekurang-kurangnya antar kabupaten/kota;
  3. CPD pada jalur perpindahan tugas orang tua/wali yang diterima paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung yang tersedia pada SMAN 1 Gubug;
  4. Kuota jalur perpindahan tugas orang tua/wali dapat digunakan untuk anak guru yang mendaftar pada Satuan Pendidikan tempat orang tua/wali bekerja sebagai guru, dan mendapatkan prioritas langsung diterima;
  5. Peserta didik yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali merupakan peserta didik dengan KK di luar wilayah kabupaten/kota tempat calon peserta didik mendaftar;
  6. Dalam hal daya tampung untuk jalur perpindahan tugas orang tua/wali tidak mencukupi, maka seleksi dilakukan berdasarkan jarak tempat tinggal terdekat ke SMAN 1 Gubug;
  7. Dalam hal daya tampung untuk jalur perpindahan tugas orang tua/wali tidak mencapai 5% (lima persen) maka sisa kuota dialihkan ke jalur zonasi.
Jalur Prestasi (20%)
  1. Jalur PPDB Prestasi adalah jalur PPDB yang menggunakan seleksi prestasi Calon Peserta Didik;
  2. CPD yang masuk melalui jalur prestasi merupakan peserta didik yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah zonasi SMAN 1 Gubug;
  3. CPD pada jalur prestasi yang diterima paling banyak 20% (dua puluh persen) dari daya tampung yang tersedia pada SMAN 1 Gubug;
  4. Komponen penilaian yang menjadi dasar dalam perhitungan nilai akhir pada jalur prestasi berdasarkan perhitungan nilai rapor semester 1 sampai 5 SMP/sederajat pada mata pelajaran yang ditentukan, ditambah bobot nilai prestasi hasil perlombaan dan/atau penghargaan di bidang akademik maupun non-akademik pada tingkat internasional, nasional, provinsi, dan/atau kabupaten/kota;
  5. CPD dengan prestasi Juara I, II, III Internasional dan Juara I Nasional dari kejuaraan yang diselenggarakan secara berjenjang diberikan prioritas langsung diterima;
  6. Bobot nilai prestasi hasil perlombaan ditentukan berdasarkan bobot nilai prestasi tertinggi yang dimiliki oleh CPD dengan ketentuan:
    • Bukti atas prestasi yang diterbitkan paling singkat 6 bulan, dan paling lama 3 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB dan prestasi tersebut diperoleh pada jenjang pendidikan SMP/sederajat;
    • Bukti prestasi harus mendapatkan pengesahan dari Sekolah Asal (SMP/Sederajat) CPD yang bersangkutan, dan/atau Kanwil Kemenag, dan/atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai kewenangannya.
  7. Dalam hal jumlah CPD pada jalur prestasi tidak mencapai 20% (dua puluh persen) maka sisa kuota dalihkan ke jalur zonasi.

SYARAT PENDAFTARAN

Kelengkapan dokumen pendaftaran yang harus dipersiapkan dan diverifikasi:

Syarat Jalur Zonasi
  1. Buku Rapor SMP/sederajat.
  2. Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I – V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh SMP/MTs yang bersangkutan.
  3. Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah Satuan Pendidikan yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP.
  4. Akta kelahiran dengan batas usia 21 (dua puluh satu) tahun pada awal Tahun Pelajaran 2022/2023, dan belum menikah.
  5. Kartu Keluarga yang diterbitkan dan/atau telah tinggal paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB berdasarkan data administrasi kependudukan yang diselenggarakan oleh Dispermadesdukcapil Prov. Jawa Tengah.
  6. Piagam Prestasi/Penghargaan pada jenis kejuaraan berjenjang/tidak berjenjang (khusus bagi yang memiliki).
  7. Bagi CPD dari pondok pesantren menggunakan surat keterangan bahwa pondok pesantren terdaftar pada EMIS yang diterbitkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jateng.
Syarat Jalur Afirmasi
  1. Buku Rapor SMP/sederajat.
  2. Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I – V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh SMP/MTs yang bersangkutan.
  3. Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah. Program Paket B/Ijazah Satuan Pendidikan yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP.
  4. Akta kelahiran dengan batas usia 21 (dua puluh satu) tahun pada awal Tahun Pelajaran 2022/2023, dan belum menikah.
  5. Kartu Keluarga yang diterbitkan dan/atau telah tinggal paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB berdasarkan data administrasi kependudukan yang diselenggarakan oleh Dispermadesdukcapil Prov. Jawa Tengah.
  6. Piagam Prestasi tertinggi yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan, yang diterbitkan paling singkat 6 bulan, dan paling lama 3 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB dan telah mendapatkan pengesahan dari Sekolah Asal (SMP/Sederajat) CPD yang bersangkutan, dan/atau Kanwil Kemenag, dan/atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai kewenangannya (khusus bagi yang memiliki).
  7. Terdaftar dalam DTKS dan/atau menyertakan bukti kepemilikan KIP yang diterbitkan oleh Kemendikbudristek.
  8. CPD baru yatim dan/atau piatu berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengenalan Penduduk, dan Keluarga Berencana Prov. Jateng  dan/atau dibuktikan dengan surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas/SKPD terkait di Kabupaten/Kota.
  9. CPD yang berasal dari panti asuhan didasarkan atas data pada Dinas Sosial Prov. Jawa Tengah.
  10. CPD baru terdaftar dalam hasil pendataan putera/puteri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya adalah putera/puteri daru orang tua CPD menangani langsung pasien Covid-19 yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jateng.
Syarat Jalur Perindahan Tugas Orang Tua/Wali
  1. Buku Rapor SMP/sederajat.
  2. Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I – V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh SMP/MTs yang bersangkutan.
  3. Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah Satuan Pendidikan yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP.
  4. Akta kelahiran dengan batas usia 21 (dua puluh satu) tahun pada awal Tahun Pelajaran 2022/2023, dan belum menikah.
  5. Surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan sekurang-kurangnya perpindahan antar Kabupaten/Kota.
  6. CPD yang merupakan anak guru dibuktikan dengan Surat Pernyataan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan dilampiri Surat Keputusan/Penugasan dari pejabat yang berwenang.
  7. Piagam Prestasi tertinggi yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan, yang diterbitkan paling singkat 6 bulan, dan paling lama 3 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB dan telah mendapatkan pengesahan dari Sekolah Asal (SMP/Sederajat) CPD yang bersangkutan, dan/atau Kanwil Kemenag, dan/atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai kewenangannya (khusus bagi yang memiliki).
  8. Kartu Keluarga di luar wilayah zonasi.
  9. Surat Keterangan domisili dari RT/RW yang menerangkan bahwa orang tua CPD yang bersangkutan telah berdomisili di wilayah tersebut terhitung setelah tanggal penugasan.
Syarat Jalur Prestasi
  1. Buku Rapor SMP/sederajat.
  2. Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I – V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh SMP/MTs yang bersangkutan.
  3. Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah Satuan Pendidikan yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP.
  4. Akta kelahiran dengan batas usia 21 (dua puluh satu) tahun pada awal Tahun Pelajaran 2022/2023, dan belum menikah.
  5. Piagam Prestasi tertinggi yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan, yang diterbitkan paling singkat 6 bulan, dan paling lama 3 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB dan telah mendapatkan pengesahan dari Sekolah Asal (SMP/Sederajat) CPD yang bersangkutan, dan/atau Kanwil Kemenag, dan/atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai kewenangannya.

SELEKSI PENDAFTARAN

Seleksi PPDB SMA Negeri 1 Gubug dengan ketentuan:

Seleksi Jalur Zonasi
  1. Seleksi dilakukan dengan urutan :
    • jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah;
    • usia yang paling tinggi Calon Peserta Didik.
  2. Seleksi Jalur Zonasi Khusus diikuti oleh Calon Peserta Didik dalam wilayah yang ditetapkan sebagai zonasi khusus dengan seleksi didasarkan pada prioritas usia yang lebih tua calon peserta didik. Apabila dalam kuota terakhir terdapat usia yang sama maka seleksi dilakukan melalui perhitungan nilai rapor dan nilai prestasi/kejuaraan bagi yang memiliki.
  3. Calon Peserta Didik baru yang melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi, afirmasi luar zona dan prestasi dan dinyatakan diterima pada lebih dari satu jalur, maka prioritas diterimanya adalah :
    • jalur zonasi,
    • jalur afirmasi, dan
    • jalur prestasi.
Seleksi Jalur Afirmasi

Seleksi Jalur Afirmasi diprioritaskan :

  1. jarak tempat tinggal/domisili terdekat ke sekolah;
  2. usia yang paling tinggi Calon Peserta Didik;
Seleksi Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali

Seleksi jalur perpindahan tugas orangtua/wali  diprioritaskan :

  1. Anak guru sesuai ketentuan.
  2. jarak tempat tinggal/domisili terdekat ke sekolah;
  3. usia yang paling tinggi Calon Peserta Didik;
Seleksi Jalur Prestasi

Seleksi jalur prestasi diprioritaskan :

  1. Hasil penjumlahan nilai prestasi (nilai rapor + bobot nilai prestasi kejuaran);
  2. usia yang paling tinggi Calon Peserta Didik.

TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Calon Peserta Didik menyiapkan berkas persyaratan pendaftaran.
  2. Membuka situs PPDB daring dengan alamat https://ppdb.jatengprov.go.id.
  3. Calon Peserta Didik baru mengisi formulir ajuan, menginput data pribadi, dan mengunggah (upload) scan dokumen persyaratan sebagaimana ditentukan dalam sistem aplikasi.
  4. Calon Peserta Didik baru melakukan verifikasi berkas pendaftaran secara luring (datang ke SMAN 1 Gubug) dengan membawa berkas pendaftaran sebagaimana yang dipersyaratkan.
  5. Berkas-berkas pendaftaran diverifikasi oleh SMAN 1 Gubug dan apabila berkas dimaksud telah sesuai dengan ketentuan, maka Calon Peserta Didik dapat melakukan Aktivasi Akun dan membuat password untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  6. Sedangakan apabila belum memenuhi syarat wajib memperbaiki/memenuhi persyaratan yang diperlukan.
  7. Setelah melakukan Aktivasi Akun, Calon Peserta Didik login menggunakan NISN dan password untuk dapat mendaftar/memilih sekolah tujuan.
  8. Calon Peserta Didik yang telah melakukan pendaftaran secara daring akan memperoleh nomor pendaftaran.
  9. Jurnal dan hasil seleksi dapat dilihat pada sistem aplikasi PPDB dengan nomor pendaftaran peserta PPDB.

PILIHAN PENDAFTARAN

SMA Negeri
  1. Calon Peserta Didik memiliki hak melakukan pendaftaran pada 2 (dua) Satuan Pendidikan pilihannya dengan ketentuan 1 (satu) Satuan Pendidikan di wilayah zonasinya, dan 1 (satu) Satuan Pendidikan di luar wilayah zonasinya, dengan ketentuan:
    • Calon Peserta Didik SMA Negeri dapat mendaftarkan diri pada 1 (satu) Satuan Pendidikan melalui jalur zonasi, dan 1 (satu) Satuan Pendidikan di luar zonasi pada jalur prestasi/afirmasi;
    • Calon Peserta Didik yang mendaftar melalui jalur prestasi di dalam wilayah zonasi, tidak dapat melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi, dan dapat mendaftar melalui jalur afirmasi di luar wilayah zonasi apabila memenuhi persyaratan pada jalur afirmasi;
    • Calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur afirmasi di wilayah zonasi, tidak dapat melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi, dan dapat mendaftar melalui jalur prestasi di luar wilayah zonasi apabila memenuhi persyaratan;
  2. Calon Peserta Didik SMA Negeri tidak dapat mengubah pilihan Satuan Pendidikan dan jalur selama masa pendaftaran, kecuali Jalu Perpindahan Orang Tua/Wali.
SMK Negeri
  1. Calon Peserta Didik SMK dapat mendaftarkan diri pada 2 (dua) pilihan program keahlian pada sebanyaknya 2 (dua) Satuan Pendidikan;
  2. Calon Peserta Didik SMK Negeri dapat mengubah pilihan program keahlian dan/atau Satuan Pendidikan selama masa pendaftaran.

PERUBAHAN PILIHAN

  1. Selama masa pendaftaran, Calon Peserta Didik SMK Negeri dapat mengubah pilihan ke SMA Negeri, dan Calon Peserta Didik SMA Negeri dapat mengubah pilihan ke SMK Negeri;
  2. Pindah pilihan sebagaimana tersebut dalam angka 1, bagi Calon Peserta Didik dari SMA Negeri yang pindah ke SMK Negeri dan/atau sebaliknya diwajibkan melakukan pembatalan pendaftaran pada SMA dan/atau sebaliknya;
  3. Pindah pilihan dari SMA ke SMK wajib melengkapi dan mengunggah Surat Pernyataan Sehat sesuai yang dipersyaratkan.

DAFTAR ULANG

  1. Peserta didik yang dinyatakan diterima dalam penyelenggaraan PPDB wajib melakukan daftar ulang, dan bagi yang tidak melakukan daftar ulang dianggap mengundurkan diri.
  2. Ketentuan dan tata cara daftar ulang akan diatur lebih lanjut oleh panitia berdasarkan kondisi kedaruratan Covid-19.

SANKSI

  1. Apabila peserta didik memberikan data palsu/tidak benar, maka akan dikenakan sanksi pengeluaran oleh SMA Negeri 1 Gubug, meskipun yang bersangkutan diterima dalam proses seleksi.
  2. Sanksi sebagaimana tersebut dalam angka 1, diberikan berdasarkan hasil evaluasi sekolah bersama dengan Komite Sekolah dan Cabang Dinas Pendidikan di Kabupaten Grobogan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan.

CONTACT PERSON

  1. Jasmoyo, S.Pd : 0852 2815 7118
  2. Moch Hamdani, S.E : 0852 2598 8586
  3. Tri Anang Nugroho Dadang Laksono, M.Pd. : 0856 2659 998
Facebook Comments Box
Bagikan: